Jumat, 17 April 2020

Cara Pembayaran Listrik Online

Cara Pembayarab Listrik Online - Permintaan listrik meningkat seiring dengan meningkatnya populasi dan pembangunan rumah baru. Ini telah menyebabkan peningkatan instalasi listrik baru. Belum lagi permintaan untuk menambah daya setrum yang lebih besar, baik oleh pelanggan rumah tangga dan untuk industri.

Cara Pembayaran Listrik Online

Dengan investasi yang sangat besar untuk menghasilkan listrik, pelanggan yang mengkonsumsi listrik dari PLN harus membayar tagihan listrik untuk kelancaran operasi Pln Online. Tunggakan tagihan listrik dapat mengganggu kinerja keuangan perusahaan milik negara ini sehingga dapat berdampak pada distribusi listrik di rumah atau bisnis Anda.

Cara Memeriksa Tagihan Listrik
Saat Anda membuka situs web PLN www.pln.co.id, masukkan ID pelanggan Anda (identitas pelanggan) dari rumah Anda yang terdiri dari 12 digit. Kemudian masukkan kata sandi yang ditunjukkan pada halaman web, di tempat yang disediakan. Setelah itu klik login. Jika berhasil, halaman web akan muncul, menunjukkan informasi tentang berapa banyak listrik yang harus Anda bayar.

Tempat Membayar Akun Listrik Online
Awalnya, pembayaran listrik membuat orang harus mengantri di kantor PLN. Tetapi sekarang seiring dengan waktu pembayaran tagihan listrik dapat dilakukan secara online di counter atau bank yang bekerja dengan PLN, sehingga tidak perlu mengantri lama di kantor PLN. Dengan fasilitas online ini, pelanggan tidak lagi terikat pada satu tempat pembayaran. Berikut ini adalah tempat pembayaran tagihan listrik online:

Melalui Kantor Pos
Pembayaran ini dilakukan di loket Kantor Pos. Jika pelanggan memilih untuk membayar dengan cara ini, pelanggan dapat membayar di semua Kantor Pos atau Mobil Pos Mobile yang terdaftar sebelumnya. Melalui loket pembayaran PPOB (Payment Online Banking) Mitra Perbankan, ATM, Internet Banking dan SMS Banking.

Anda dapat membayar listrik pascabayar atau membeli pulsa listrik prabayar di konter penyedia layanan PPOB, yaitu bank yang bekerja dengan PLN melalui ATM, Internet Banking dan SMS Banking. Dengan demikian, pembayaran akan langsung ke kas PLN secara real time.

Bagaimana Cara Pembayaran Listrik Online?

Melalui e-Commerce
Penggunaan metode cashless sebagai metode pembayaran atau dikenal dengan fintech. Sekarang Anda dapat menghasilkan apa saja, termasuk tagihan listrik tanpa membawa setumpuk uang tunai di dompet Anda. Cukup buka aplikasi e-commerce, seperti TravelokaPay, Bukalapak, Tokopedia, OVO, dan lainnya.

Bayar Listrik melalui e-Commerce
Berikut cara membayar tagihan listrik PLN secara online di Bukalapak:
• Langkah pertama, Anda dapat menyiapkan nomor meteran atau ID pelanggan Anda.
• Kemudian buka Bukalapak baik melalui desktop atau seluler, lalu pilih opsi Tagihan Listrik.
• Masukkan 12 nomor ID pelanggan atau nomor meteran.
• Klik Beli dan Anda masuk atau masuk akun Bukalapak Anda.
• Jika Anda tidak memiliki akun Bukalapak, segera buat akun Bukalapak terlebih dahulu
• Ketika Anda membayar tagihan listrik di Bukalapak, secara otomatis dinyatakan nominal yang harus Anda bayar, termasuk denda (jika ada).

Untuk membayar tagihan listrik PLN secara online di Tokopedia di ponsel atau komputer, yaitu:
• Kunjungi halaman RUU Kelistrikan PLN Tokopedia.
• Masukkan nomor pelanggan Anda.
• Detail akan muncul secara otomatis jika ID pelanggan yang Anda masukkan benar.
• Klik opsi bayar.
• Pilih metode pembayaran yang Anda inginkan.
• Sistem akan segera memproses pembayaran angsuran Anda dan mengirimkan pemberitahuan pembayaran yang berhasil.

Manfaatkan Fasilitas Bayar Listrik Online
Begitu banyak informasi tentang cara membayar tagihan listrik secara online, yang memudahkan pelanggan. Dengan memanfaatkan metode pembayaran online, Anda akan lebih efisien waktu. Semoga bisa membantu dan memberikan manfaat.

0 komentar:

Posting Komentar